jump to navigation

Menjadi Pede (percaya diri) Maret 16, 2010

Posted by dedewinasis in pengembangan diri.
trackback

Masih menggebu-gebu pengen nulis nih…sepertinya saya masih tertarik untuk menguak hal-hal yang diperlukan untuk pengembangan diri. Kali ini saya ingin membahas tentang Pede. Ngomong-omong tentang pede, saya jadi teringat jaman SMA, lagu kesukaan saya kala itu, yang dinyanyikan band kesukaan saya, Sheila on 7!! Eit..eit malah kemana mana neh, “kembali ke posting!”. . Percaya diri sepertinya menjadi salah satu modal yang perlu dimiliki setiap orang. Nah, trik-trik apa aja sih yang kita perlukan untuk manjadi pede?? Berikut beberapa trik dan tips yang saya dapat hari ini :

  • Yakin bahwa kita punya kelebihan.
    Tak perlu mikir mikir panjang dan pusing, apapun kelebihan kita dan seberapa besarnya kelebihan itu! Apapun itu saya kira itu pasti menjadi sesuatu yang berharga bagi anda, atau mungkin anda tidak menyadari kelebihan anda yang sebenarnya menguntungkan atau bermanfaat bagi orang lain. Yang terpenting, yakinlah anda adalah orang yang paling berharga!!!! terkait dengan point ini, saya pernah mendapat sebuah sms dari seorang atasan saya kala itu yang masih saya simpan sampai sekarang, mau tahu isinya? ini dia ” di dunia ini tidak ada orang yang benar-benar sama dengan kamu,” bener-bener kalimat yang menggugah semangat, Selain beberapa hal diatas  terimalah segala kekurangan dan kelebihan yang anda miliki.
  • Melangkah secara pasti
    Coba koreksi kebiasaan anda berjalan sehari-hari. Cobalah melangkah secara tegak, pandangan lurus, kepala tegak dengan dada sedikit dibusungkan (jangan over yaa [-( …nanti malah jadi aneh jalannya! kaya robot dehhh 😦 ). Harapannya dengan melangkah secara pasti, orang akan melihat anda berpenampilan pede, dan efek baliknya adalah anda pun akan semakin pede karenanya. Ada beberapa cara nih untuk mengoreksi cara berjalan anda  (berdasar pengalaman saya..hihihi :)) ) yakni Jalan-jalan ke Mall yang banyak cerminnya, nah disitu kita bisa jalan sambil bercermin deehhh.hehehe…
  • Berbicara dengan jelas
    Berbicara dengan tidak terbata-bata, intonasi yang jelas dan pasti akan membuat anda terlihat percaya diri. Dengan tampil seperti ini anda akan terlihat yakin, dan anda benar-benar serius dengan ucapan anda.
  • Bahasa tubuh yang terbuka
    Bahasa tubuh bisa menjadi sebuah jembatan penghubung antara anda dan orang lain. Saat berbicara ataupun berbincang, jangan mengeluarkan bahasa tubuh yang bisa diterjemahkan sebagai penolakan atau ketertutupan seperti bersedekap dan bertolak pinggang.
  • Menatap mata
    Menatap mata lawan bicara adalah bentuk yang paling terlihat dari kepercayaan diri seseorang. Jika seseorang tidak pede akan terlihat menunduk dan menghindari kontak mata (melihat ke arah lain). Namun jangan bertindak berlebihan, jika anda berlebihan atau menatap mata lawan bicara anda  terus menerus, anda akan terlihat menantang dan terlihat aneh.

    daftar pustaka : dari beberapa artikel  dan seputar indonesia 2 maret 2010

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

