jump to navigation

jenis jenis baterai handphone!! Maret 25, 2010

Posted by dedewinasis in gadget, Uncategorized.
Tags: , , , ,
trackback

Dari artikel sebelumnya (“apa sih penyebab baterai handphone boros”), saya menddapat komentar dari seorang kawan saya. Nah dari komentar tersebut menjadi inspirasi saya untuk menulis artikel ini, yakni Jenis-jenis baterai handphone.

Baterai menjadi salah satu barang yang sangat berarti bagi kita semua, apalagi kebutuhan handpone kini tak hanya sebagai alat berkomunikasi saja melainkan sebagai media hiburan, seperti music player, camera, GPS, aplikasi browser internet, situs sosial network, dan lain-lain. Tanpa ada perkembangan baterai seperti yang telah terjadi saat ini, handpone-handpone canggih sekarang tidak bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama dan dapat mengoperasikan beberapa aplikasi dalam waktu yang lama. Mau tau beberapa tipe baterai handpone yang beredar di pasaran sekarang ini? ini dia khusus buat juragan-juragan!πŸ˜€

Jenis-Jenis Baterai Handphone

1. NiCD
Baterai ini biasanya ditemui di baterai-baterai handpone tipe lama. Kelemahannya adalah ukurannya yang besar. selain itu memiliki memory effect, yakni baterai akan terasa cepat habis saat digunakan jika kita melakukan pengisian sebelum baterai habis. Oleh karena itu, perawatannya sangat susah, kita harus melakukan pengisian ulang atau recharge ketika baterai benar-benar habis. Selain hal- hal tersebut baterai ini mengandung racun yang membahayakan lingkungan.
2. NiMh (Nickel Metal Hydride)
Baterai ini Generasi baterai rechargable setelah NiCD. Baterai ini masih memiliki memory effect, namun bersifat sementara, yakni seperti ini, ketika baterai belum habis ( belum sampai mati/ belum sampai indikasi low bat) kita bisa men-charge baterai ini. Setelah penuh dan kita gunakan, baterai terasa cepat habis. Inilah dampak memory effect itu. Nah untuk menghilangkan memory effectnya kita bisa menggunakan baterai sampai benar-benar habis lalu isi ulang! Kelebihan bateran ini adalah memiliki ketahanan kurang lebih 30% lebih besar dari baterai NiCD.
3. Li-ion (Lithium Ion).
Kelebihan Baterai Generasi ini adalah sudah tidak memiliki memory effect, berat yang lebih ringan (20 s/d 30 % dari baterai sebelumnya. Namun dibalik kelebihan itu baterai ini memiliki kekurangan. yakni, baterai ini akan menurun kemampuannya jika terlalu sering kita men-charge berlebihan ( offer charge ), kemampuan itu baik daya simpan, maupun ketahanan supply daya ( akan cepat habis ). Overcharge disini diilustrasikan dilakukan pengisian terus menerus selama lebih dari 24 jam (non stop).
4. Li-Po ( Lithium Polymer)
Generasi paling baru yang beredar di pasaran. Kelebihannya antara lain adalah ramah lingkungan. Karakternya tak jauh beda dengan baterai Li-ion, namun dari segi perawatan harus lebih ekstra hati-hati. Karena sifatnya yang berupa cairan (liquid), baterai ini rawan mengalami perubahan bentuk. Jadi hati-hati terhadap benturan juragan!!!

demikian, semoga bermanfaat,

daftar pustaka artikel :
– beberapa website (www.cellpower.com), (www.batteryuniversity.com)
– tabloid pulsa edisi 170.

Komentar»

1. hendras - Maret 28, 2010

Capek deh… infonya ngecer om!

2. dedemenulis - Maret 29, 2010

wooo jadi itu namanya memory effect….baru tahu saya… hehehe..
makasih cooyyy

http://dedemenulis.wordpress.com

3. guvi - Februari 2, 2011

ternyata banyak jenisnya…yang sering saya temui cuman Li-Ion…πŸ™‚

4. fariztfariztfarizt - April 16, 2011

kelebihan dr baterai li-po dibanding li-ion apa ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: