jump to navigation

Bagaimana pola makan anda? (1) April 14, 2010

Posted by dedewinasis in kesehatan.
Tags: , , , , , ,
trackback

Juragan..saya mendapat email yang jujur saja membuat saya pusing…bagaimana dengan pola makan saya, sehat atau belum. Coba juragan baca deh berikut, informasi yang saya dapat:

Pengumuman Badan Kesehatan Dunia (WHO) tentang makanan yang terbaik dan makanan yang paling buruk

Pada symposium ke113 Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang membahas makanan, olah raga dan kebiasaan hidup strategi baru kesehatan global.

Dalam strategi baru tersebut mengemukakan pola makan yang tidak sehat tersebut merupakan penyebab utama timbulnya bermacam macam penyakit non infeksi (tidak menular) termasuk beberapa jenis kanker.

Dalam symposium tersebut WHO merekomendasikan golongan makananyang terbaik.

Meliputi pengendalian asupan lemak jenuh dan menggantikan dengan lemak tak jenuh.

Banyak makan sayur, buah, kacang kacangan , makanan kasar (berserat)dll. Mengaharapkan pemahaman makanan/menu sehat menghadapi tantangan hidup.

Buah Terbaik

Urutan buah terbaik adalah papaya, strawberry, orange, jeruk kupas, kiwi, mangga, plum, kesemek dan semangka.

Sayur Terbaik

Ketela kuning kaya kandungan vitamin juga anti kanker mujarab merupakan golongan sayur utama disusul oleh asparagus, lettuce, brokoli, seledri, terong, bit, wortel, kolumbi, xuelihong (sejenis sawi ijo), sawi putih.

Daging terbaik

Struktur daging angsa mirip dengan minyak zaitun, bermanfaat untuk jantung.

Daging angsa mendapat predikat sumber protein terbaik.

Makanan tersehat untuk proteksi otak

Pocai (soinancia oleracea), kucai, labu merah, onion, kembang kol, kacang polong, tomato, wortel, sawi putih kecil, daun bawang, seledri, he tau, kacang tanah, jambu mente, biji tusam, biji apricot, kedelai, beras kasar/tuton, hati babi..

Tim/sup terbaik

Tim ayam terbaik, terutama tim ayam betina dapat mencegah flu, radang tenggorokan, sesuai untuk konsumsi musim salju dan musim semi.

bersambung…

sumber: sebuah email yang masuk dari sahabat saya

Komentar»

1. R⊙ndUgl - April 14, 2010

Nais impoh..saya sef tritnya ..btw makanan kasar itu macam mana to?..apa prongkalan juga trmasuk?xixi..ketela kuning(telo manthang) hebat ya di barat juga ngepop..terus angsa juga gmana dg entog?..salam

dedewinasis - April 15, 2010

trims gan!!
hummmm makanan kasar itu ya makanan berserat ( mungkin yang ngartiin salah tuh! hahahaha ), prongkolan apa krikil gan? hum kalo ketela memang terkenal gan! lagian pastinya ketela juga ga cuman di Indonesia tumbuhnya khan, dan ahli2 gizi pun di luar negeri sana pasti sudah mempelajari!hehehe… kalo entog…gimana yaaa…setahu saya entog itu malah bikin kolesterol tuh, tapi saya cari inpoh duluu deh yaa!!

2. Bagaimana pola makan anda? (2) « dede winasis - April 15, 2010

[…] } Seperti pada postingan kategori kesehatan sebelumnya alias dengan judul bagaimana pola makan anda? (1), disini saya akan menyambung hal tentang hasil symposium ke113 Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: