jump to navigation

Sopan santun dalam berkomentar Mei 16, 2010

Posted by dedewinasis in internet, pengembangan diri.
Tags: , , , ,
trackback

Sopan santun sepertinya sudah mulai luntur di negeri ini, komentar-komentar di blog maupun web yang sering saya kunjungi banyak ketidak sopanan saya temui disitu. Kurang Lebih sudah hampir setahun saya mulai mengenal dan memulai nge-blog. Namun tahun kemarin tidak berlangsung lama. Baru 3 bulan ini saya mulai gencar ngeblog lagi dengan dedewinasis.wordpress.com ! Hari ini tidak sengaja saya browsing-browsing menemukan sebuah posting dari agan andaka tentang 10 aturan memberikan komentar pada blog! Berikut informasinya :

10 Aturan Memberikan Komentar pada Blog:

1. Baca sebelum menulis – Sebelum menulis komentar, yakinkan kalau kita telah membaca dan mengerti postingan. Mengirim komentar dengan cepat yang tidak berhubungan dengan posting tidak akan memberikan blog kita beberapa pengunjung baru. Ulangi membaca komentar kita sebelum disubmit.

2. Sopan – Tata krama yang baik adalah hal penting ketika memberikan komentar pada blog lain. Kita tidak akan pergi ke rumah orang lain dan berperilaku tidak pantas kan? Sama halnya dengan blog. Hanyak karena kita tidak saling bertatap muka tidak berarti kita bisa bertingkah laku seperti idiot. Jika kita sopan, itu akan memudahkan kita di dalam membuat persahabatan baru dengan blogger lain.

3. Senyum – Emoticon bagus ditambahkan dalam memberikan komentar. Sebuah senyuman dapat membuat perbedaan besar. Bila memberikan pujian kepada penulis, senyumlah. Bila menyuarakan pendapat berbeda, senyumlah. Sebuah senyuman dapat mengeluarkan getaran persahabatan. Percayalah! :grin:

4. Kontribusi – Sebanyak mungkin, cobalah untuk meninggalkan komentar yang menambah nilai pada diskusi. Komentar seperti, “Saya juga!”, atau “Wow nice!” sering menyebabkan kerutan pada dahi dan menunjukkan bahwa pendapat kita tidak layak dibaca. Secara pribadi, aku tidak mempermasalahkan komentar seperti ini, tapi untuk blog lain, lebih baik untuk meninggalkan komentar yang mempunyai “nilai”.

5. Jangan rendah diri – Ketika melihat kesalahan pada sebuah postingan, atau tidak setuju dengan pendapat penulis, lakukan dengan cara yang baik. Kita bisa saja menjadi orang paling pintar sedunia namun jangan menyebabkan gesekan pada orang lain. Suarakan pendapat kita dengan cara yang bersahabat dan kita akan mendapat teman baru. Ingat, yang benar-benar baik tidak harus membual.

6. Ketika ragu, tanyalah – Ketika kita membaca sebuah posting yang kita sangat ingin berkomentar namun tidak bisa karena kita tidak mengerti benar, lakukan dan bertanyalah untuk klarifikasi. Kebanyakan penulis akan senang menguraikan secara terperinci pada postingan mereka. Kebanyakan penulis blog akan menghargai ketika pembaca mereka menunjukkan ketertarikan pada artikel dengan bertanya.

7. Buatlah kesan yang baik – Berkomentar pada blog lain adalah cara lain untuk memasarkan diri dan blog kita. Apabila kebanyakan komentar kita secara jelas adalah komentar hit and run untuk mendapatkan backlinks atau masuk ke dalam daftar “Top Komentator”, kita tidak sedang menggambarkan diri kita dengan baik. Menulis komentar yang berarti dan merespon pada komentar lain adalah cara yang bagus untuk meninggalkan kesan yang baik pada penulis blog dan pembacanya.

8. Jangan nyolot – Bila kita merasa perlu berkomentar pada sebuah postingan yang tidak kita suka atau pada sebuah artikel yang tidak kita setujui, jangan memulai dengan nyolot (flame-red). Hinaan, saling mengatai dan komentar yang sarkastik tidak akan memberi kita pembaca baru atau teman. Bila kita tidak dapat membantu namun merasa berlawanan dengan penulis, jangan membuang-buang waktu dan energi. Just leave. Ada ribuan blog yang dapat kita kunjungi.

9. Humor – Setiap orang suka tertawa yang sehat. Cobalah memasukan sedikit humor pada komentar kita. Bila kita dapat membuat penulis dan pemberi komentar yang lain tertawa, ada kemungkinan besar mereka akan berkunjung ke blog kita dan menjadi pembaca yang setia.

10. Kembalilah – Bila sudah selesai dengan semua hal di atas. Selanjutnya apa? Kita harus mencoba kembali pada blog yang kita kunjungi untuk berkontribusi. Itu cara terbaik untuk “meninggalkan jejak”. Kebanyakan penulis blog akan mengingat mereka yang secara reguler meninggalkan komentar dan biasanya menjadi pemberi komentar yang reguler juga pada blog orang tersebut.

Komentar»

1. imadewira - Mei 17, 2010

hmmm… ini memang salah satu tips yang paling saya suka dan sempat saya berikan backlink juga

2. wins46 - Mei 18, 2010

keep blogwalking yooooow…..
ups….

http://www.oneklikpulsa.com

3. akbar - Mei 24, 2010

jangan banyak-banyak aturannya, ntar malah gak ada yang kasih komen…

hwkkwkwkwkwk..

oia, caranya nulis yang baek gmana…?
rasanya susah…?

maklum pemula…

dedewinasis - Mei 24, 2010

ini mah cuman informasi gan! ibarat kata negara kita negara ketimuran….hehehe,,,kalo engga mau make ya engga apa2 sih..hehe key!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: