jump to navigation

Meningkatkan minat membaca Juli 6, 2010

Posted by dedewinasis in pengembangan diri, Uncategorized.
Tags: ,
trackback

Juragan sekalian lagi bingung mencari cara meningkatkan minat membaca? Baik untuk diri anda sendiri maupun anak anda? Nah di posting kali ini saya akan membahas bagaimana meningkatkan minat membaca.

Tips Meningkatkan Minat Membaca:

1. Sediakan dan luangkan waktu untuk membaca ( paksa diri anda untuk membaca ). Paling tidak 1 jam. Mengapa? Hal ini rupanya membentuk kebiasaan kita ( merubah kepribadian kita ). Merubah kebiasaan memang susah, karena sifat manusia memang suka dengan zona nyaman. Untuk hal ini, juragan bisa membaca apapun! Berita, komik, majalah, koran, maupun kitab juragan!

2. Sugestikan dan orientasikan bahwa membaca akan menjadi sesuatu yang menarik dan menyenangkan bagi juragan! Sudahkah juragan memahami apa yang juragan sukai dan senangi? sehingga bisa merubah kebiasaan dan sugesti maupun orientasi juragan yang tadinya buruk menjadi baik? Misal juragan suka mengenai hal-hal yang terkait dengan motor, juragan bisa membaca artikel tentang motor, bengkel, modifikasi dan sebagainya.

3. Motivasi diri juragan bahwa membaca akan meningkatkan pengetahuan juragan. Setujukah juragan bahwa membaca itu akan menambah ilmu dan pengetahuan juragan? Pernahkan juragan merasa terlambat untuk mengetahui sesuatu? Belum tentu orang itu lebih pintar daripada juragan, tapi sebenarnya karena dia lebih tahu dahulu ( misal dengan membaca ).

4. Cari lokasi yang menurut juragan nyaman dan menyenangkan untuk membaca! Lokasi yang membuat kita nyaman akan cenderung membuat kita mudah menghayati dan mendalami sesuatu, hal ini karena diri kita merasa konsentrasi kita bisa penuh saat di lokasi yang tepat. Lokasi yang juragan pilih bisa di ruang baca, ruang tamu , perpustakaan, halaman rumah, dsb.

5. Gunakan waktu luang juragan untuk berjalan-jalan ke pameran buku ataupun toko buku. Mengapa? Ya karena di tempat inilah juragan akan dengan mudah menemukan sesuatu yang baru, terutama buku.

6. Manfaatkan Internet. Jika juragan memiliki akses internet, manfaatkan akses ini untuk mencari artikel yang juragan sukai. BIsa melalui berita, website, maupun blog-blog.

Selamat mencoba gan! Kalo agan punya masukkan silakan tambahkan dan share komentar agan-agan semua!

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: