jump to navigation

Origami Juli 8, 2010

Posted by dedewinasis in lucu dan unik, pengembangan diri, Uncategorized.
Tags: , ,
trackback

Well saya teringat saat iseng-iseng perjalanan balik ke jakarta bersama teman-teman saya berusaha melipat kertas alias origami dan berusaha membuat menjadi sesuatu. Namun hasilnya apa yang terjadi? TIdak berhasil dan acak-acakan. Well, untuk beragi aja nih gan,,, berikut ada beberapa cara membuat mainan dari kertas dengan seni melipat kertas aliat yang disebut origami.

Seni melipat kertas atau origami adalah suatu seni yang berasal dari Cina yang diperkenalkan oleh seorang yang bernama Ts’ai Lun yang awal mulanya terbuat dari kertas yang berasal dari hancuran tumbuhan dan kain yang sudah tidak terpakai. Pada abad ke enam, origami ini dibawa ke Spanyol dan Jepang dan hingga kini sudah sangat populer di Indonesia. Seni ini sudah diajarkan melalui pendidikan di TK dan SD.

Di negara asalnya, origami ini juga dipakai saat mengajar anak-anak di TK. Anak-anak dengan tekun mengikuti panduan yang diberikan oleh sang guru sambil melakukan gerakan-gerakan melipat dan dapat mengembangkan daya cipta. Dan hal ini mampu mengembangkan sistem syaraf motorik. Selain itu, seni melipat kertas sendiri dapat mengajarkan hal lain, salah satunya adalah mengenal nama binatang, benda dan sebagainya.

Gambar diatas adalah cara membuat origami burung

Gambar diatas adalah cara membuat origami kelelawar

Gambar diatas adalah cara membuat origami jerapah

Semoga bermanfaat gaan…ada yang mau ajarin juniornya mungkin???

Jangan lupa baca ini juga :

1) Seni Origami yang penuh sensasi

2) Origami (2)

___________________________________________________________________________________________

Komentar»

1. Seni Origami yang penuh sensasi! « dede winasis - Agustus 19, 2010

[…] 1) Origami […]

2. origami (2) « dede winasis - September 1, 2010

[…] antuasias pengunjung blog terhadap posting origami yang pernah saya tulis sebelumnya ( klik disini untuk membaca posting origami ), saya mencoba […]

3. oc34nheart - Oktober 22, 2010

origami yah^^,,hobi baruku,,aku baru bisa buat angsa n kupu2 doank.

4. adi (Burujul) - Desember 15, 2010

bagus juga nih ,, blognya ,
tpi ane, gk bisa , bikin kalo k ad guru, ! wkwkwk

5. charlie farrell - Desember 19, 2010

kurang jelas & susah untuk ditiru

dedewinasis - Desember 20, 2010

tunggu next deh saya sudah siapkan beberapa origami menarik beserta step=step pembuatannya! cmiw😀

6. Bagas - Februari 8, 2011

Aku baru seeng origai aku dah bisa buat jerapah, kelelawar, stroberi, apel, jeruk, jambu biji, kelinci, angsa, pensil, burung love bird, kemeja, dll

dedewinasis - Februari 9, 2011

waooow..kamyu hebwat sekali….bagi tips nya dunk….😀

7. kak zepe, lagu2anak.blogspot.com - September 23, 2011

Artikel menarik dan blog yang sangat edukatif plus bermanfaat..pokoknya T O P deh…
Saya Kak Zepe…Salam Kenal…
Saya juga punya tisp pendidikan kreatif…
banyak lagu anak yang bisa dipakai untuk gerak
dan lagu..dan masih banyak lagu anak-anak lainnya..
Lagu2 saya sudah banyak dpakai di TK dan PAUD seluruh Indonesia..pokoknya segala sesuatu tentang anak ada di blog saya..
Mari berkunjung di blog saya
Di http://lagu2anak.blogspot.com
Kalau mau bertukar link, silakan lho…

dedewinasis - Oktober 4, 2011

Trims gan! Makasi atas sanjungannya!

8. http://google.com - Februari 13, 2013

“Origami dede winasis” actually enables me ponder a small bit extra.
I personally loved every single element of it. Thank you
-Filomena


Tinggalkan Balasan

