jump to navigation

BCA terkena hempasan trauma! Agustus 4, 2010

Posted by dedewinasis in bisnis, blackberry holic, Indonesia, internet, life style.
Tags: , , , , , ,
trackback

Pada awal agustus 2010 bagi pegguna Blackberry pasti tidak asing dengan beberapa berita mengeai adanya berita link palsu dengan mengatasnamakan BCA! Humm, saya kira ini merupakan salah satu dampak traumatis masyarakat akan kejadian yang telah terjadi beberapa waktu lalu, dimana rekening para nasabah BCA berhasil dibobol oleh orang tak bertanggungjawab ( denger-denger sih dengan metode skimmer).

Menurut informasi yang saya dapatkan berita yang beredar melalui Blackberry messenger adalah seperti ini :

“????Bahaya sekali!!! ada web palsu klikbca.com untuk mobile https://m.klikbca.com/ Hati2 apabila tmn2 terima link sperti ini jgn tertipu.Jgn coba memasukan no.pin anda, ini website palsu ( phising web ) jika anda masukan username n pin anda bkn tdk mgkn dana anda akan berpindah tgn/hilang,perhatikan dgn jelas di link tsb \”https://\” bkn http:// pd umumnya,web site ini bertujuan mencuri pin n username anda !!!”.

Waoow sangat membuat cemas masyarakat khan pastinya? Well, Ternyata berita yang telah beredar dalam masyarakat itu pun hanya berita omong kosong ( hoax saja ). Dan yang pasti, BCA sebagai leader pengaplikasian internet banking menggunakan smartphone pun harus bekerja keras menghilangkan image atau mungkin opini yang telah beredar di masyarakattersebut. Menurut hemat saya, sebagai pencetus adanya internet banking via smartphone memang sangat berat tantangannya. Apalagi di era sekarang ini, masyarakat sangat mudah untuk diprofokasi dengan sebuah berita buruk.

Dari berita yang saya ikuti, BCA pun menerapkan beberapa strategi promosi dan sosialisasi yang sangat pakem.  Beberapa yang dilakukan antara lain telah saya bahas di posting sebelumnya. Silakan klik disini untuk membaca kembali (Klik BCA versi smartphone).

Dari investigasi saya dari beberapa sumber, Jika diteliti lebih lanjut, pesan hoax tersebut sejatinya mudah sekali untuk dicek kebenarannya. Pertama, adalah ketika alamat situs mobile BCA ini dikatakan ‘aneh’ lantaran menggunakan alamat url ‘https’ dan bukan ‘http’ seperti situs-situs pada umumnya.

Nah, di sinilah yang mungkin masih jarang diketahui orang. Sebab, alamat situs memakai url ‘https’ itu justru menandakan jika situs tersebut ‘secure’ alias aman.

Model url ini biasanya dipakai oleh situs-situs yang sangat memperhatikan sistem keamanan mereka, seperti situs banking dan situs sensitif lainnya. Justru kalau ada situs internet banking yang memakai url ‘http’ itu patut diwaspadai kebenarannya.

Pasalnya, situs banking itu — untuk menandakan jika dia secure — harusnya memang pakai url ‘https’. Tanda lainnya adalah ada icon gembok kuning atau putih di url atau di bagian bawah kanan halaman, serta ada semacam stempel ‘Cybertrust Secure’.

Semoga bermanfaat gan!!

Jangan lupa baca ini juga :

1. Klik BCA versi smartphone

___________________________________________________________________________________________

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: