jump to navigation

Musik bermanfaat meredakan tekanan darah tinggi! April 2, 2011

Posted by dedewinasis in kesehatan, life style, publik.
Tags: , , , , , , , , ,
trackback

Humm pagi ini tidak sengaja menemukan sebuah tips menarik mengenai musik dan darah tinggi. Mengingat saya adalah pecinta musik dan beberapa minggu yang lalu sempat periksa di dokter dan tekanan darah saya cukup tinggi bagi pemuda seperti saya ini (sok muda…kekekekekek). Nah saya mau share saja nih info yang saya dapatkan :

Alunan Musik Sama dengan Obat Hipertensi

Berinteraksi dengan musik lagi-lagi amat disarankan oleh para pakar kesehatan. Berbagai hal positif untuk menjaga kesehatan tubuh bisa didapatkan dari

Kalau bicara soal musik, para ahli sudah sepakat bahwa hal yang satu ini banyak memberi manfaat bagi kehidupan manusia. Manfaat paling utama berkaitan langsung dengan fungsi kesehatan dan kebahagiaan seseorang.

Tak heran jika musik dimasukkan dalam sebuah metode terapi yang ditujukan untuk merawat kesehatan fisik, memperbaiki mental, emosional, dan kesehatan spiritual seseorang. Terapi musik dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu menyanyi, mencipta lagu, memainkan alat musik, improvisasi, mendiskusikan lirik lagu, atau hanya sekadar mendengarkan musik.

Nah, apa saja sih kebaikan musik bagi kesehatan? Ini beberapa manfaat itu:

Menstimulasi Fungsi Otak

Bagi penderita stroke, terapi musik dilakukan melalui teknik-teknik yang dapat menstimulasi fungsi otak. Terapi ini dapat membantu meningkatkan gerakan-gerakan tubuh pasien stroke. Satu teknik yang umum dilakukan adalah stimulasi pendengaran ritmik (rhythmic auditory stimulation (RAS), yang mengandalkan hubungan antara ritme dan gerakan. Musik dengan tempo khusus digunakan untuk menstimulasi gerakan tubuh pasien.

Mehilangkan Depresi

Mendengarkan musik saat senggang bisa membuat pikiran dan tubuh lebih rileks serta mengembalikan energi. Menurut para ahli, mendengarkan musik secara teratur pada waktu yang tepat, bisa menjadi sebuah terapi yang mendatangkan manfaat yang lebih besar bagi kesehatan. Salah satunya menghilangkan depresi dan mengurangi risiko timbulnya penyakit-penyakit berat, seperti kanker. Terapi musik juga bisa diterapkan pada pasien alzheimer. Tujuaannya untuk membuat mereka lebih tenang dan membantu meningkatkan daya ingat.

Meredam Hipertensi

Berdasarkan hasil penelitian yang didiskusikan para pakar kesehatan di New Orleans baru-baru ini, terapi musik selama 30 menit sehari terbukti mampu menggantikan terapi obat-obatan hipertensi atau darah tinggi. Rangsangan musik ternyata mampu mengaktivasi sistem limbik yang berhubungan emosi. Saat sistem limbik teraktivasi, maka otak menjadi rileks. Kondisi inilah yang memicu tekanan darah menjadi turun. Alunan musik juga dapat menstimulasi tubuh untuk memproduksi molekul nitric oxide (NO). Molekul ini bekerja pada pembuluh darah yang dapat mengurangi tekanan darah.

Nah, lumayan juga khan tips nya..saya rasa memang ada benarnya. Mengingat musik ketika kita dengarkan memang membuat suasana hati berubah, apalagi sampai kita ikut menyanyikan lagu tersebut sepertinya amat menyenangkan. Hal yang menyenangkan tersebut menurut saya cukup meredakan stres-stres yang kita alami, dimana stres tersebut merupakan salah satu dari penyumbang adanya hipertensi.😀

Semoga bermanfaat!

Source : By Ogahrugi.com,

Komentar»

1. tiyangatmojo - Desember 14, 2011

hebat dong, kayak bayi aja. Apakah musiknya bisa jenis apa saja? atau harus musik klasik seperti yang disarankan pada bayi?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: